Cara Menghindari dan Mengembalikan Akun yang Terkena Phising Facebook

Phising merupakan suatu bentuk penipuan yang bisa dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kartu kredit dan kata sandi, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan (Dikutip dari Wikipedia). Metode phising juga, metode atau teknik hacking yang sangat populer dikalangan para hacker. Biasanya teknik ini dipakai untuk menghack akun Facebook seseorang. Tapi, bagaimana jika ada seseorang yang ingin menghack akun Facebook saya menggunakan metode atau teknik phising dan bagaimana cara menghindarinya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberitahu Anda tips Cara Menghindari Phising Facebook agar Anda terhindar dari teknik ini.

Inilah Tips Cara Menghindari Phising Facebook

Pada teknik ini, sang hacker akan membuat halaman palsu yang menyerupai halaman asli dari website Facebook, lalu sang hacker membagikan halaman palsunya ke internet. Untuk mengurangi resiko terkena teknik phising Facebook ini, silahkan Anda simak baik-baik tips cara menghindari phising Facebook dan cara mengembalikan akun yang terkena phising dibawah ini.

Cara Menghindari Phising Facebook


1. Sembunyikan nomor telepon atau email di profil Facebook

Tips pertama untuk cara menghindari phising Facebook, yaitu sembuyikan nomor telepon maupun email di profile Facebook dengan cara mengatur Pengaturan Privasi menjadi Hanya Saya.

2. Jangan klik link sembarangan melalui email


Berhati-hatilah, untuk mengklik link login ke Facebook yang ada di email Anda karena biasanya mereka mengirim URL website palsu tersebut melalui email dan meyakinkan pengguna untuk mengklik link tersebut.

3. Jangan klik link sembarangan melalui pesan teks atau situs web yang tidak dikenal


Phishing tidak hanya dilakukan melalui email. Phising juga bisa terdapat di setiap link pada situs web, chat roompesan teksdll. Jangan klik link apapun yang meminta informasi tentang akun Facebook Anda. Karena pihak Facebook tidak pernah meminta kata sandi akun atau nomor kartu kredit melalui pesan teks.

4. Periksa URL di address bar


Ini adalah hal yang perlu Anda waspadai. Periksa URL tersebut terlebih dahulu sebelum Anda login menggunakan akun Anda. Sepintas halaman websitenya terlihat sama, tapi berbeda. Yang membedakan adalah URL yang tertera di address bar. URL situs Facebook yaitu www.facebook.com, bukan yang lain. 

Jika Anda masih ragu-ragu untuk mengklik link tersebutsilahkan Anda langsung ke situs utama dan login dengan cara yang biasanya Anda lakukan.

5. Gunakan Antivirus Anti Phising


Tips terakhir, yaitu menggunakan antivirus dan software keamanan web, seperti NortonMcAfee, AVG Internet Security, atau yang lainnya. Yang memiliki fitur Anti Phising.

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Terkena Phising


Jika Anda sudah terkena teknik phising ini. Untuk mengembalikan akun Anda, silahkan Anda laporkan email phising langsung ke phish@fb.com. Untuk informasi lebih lanjut silahkan pergi ke Phising | Pusat Bantuan Facebook.

Jadi, Anda harus extra hati-hati untuk mengklik link apapun yang ada di pesan teks maupun pesan email. Jika tidak, akun Facebook Anda akan dijadikan modus penipuan barang-barang illegal atau hal-hal lain yang dapat merugikan Anda. Selamat mencoba tips Cara Menghindari Phising Facebook diatas.

Salam Sosmedters.

0 Response to "Cara Menghindari dan Mengembalikan Akun yang Terkena Phising Facebook"